Monday 1 March 2010

Bug Pada Nokia 5530XpressMusic


Bagi anda yang mempunyai handphone ini, dan pernah mengalami masalah seperti contact bar, shortcut bar dan numeric keypad di posisi homescreen yang tidak berfungsi, berikut penyebab dan penjelasan untuk mengatasinya.

Nokia 5530XM ini merupakan handphone musik nokia dengan layar sentuh dan dibekali dengan operating system symbian v9.4 S60 5th edition, dimana animasi menunya yang hampir mirip Iphone. Tentunya dengan operating system symbian ini, maka akan dengan mudah dijejali beragam aplikasi pihak ketiga, yang dapat anda download dari internet. Hanya saja disisi lain handphone ini masih memiliki beberapa bug yang cukup mengganggu.
Salah satu masalah yang pernah saya alami adalah ketika handphone dikoneksikan ke pc terkadang timbul masalah seperti contact bar tidak berfungsi, shortcut bar hilang dan numerik keypad pada posisi homescreen (saat di homescreen tekan call, seharusnya tampil numerik keypad) menjadi tidak bisa diakses, walaupun untuk masalah pada numerik keypad ini masih bisa diakali yaitu dengan menekan tombol menu kemudian tekan tombol call (warna hijau).

Beragam cara-pun lakukan untuk membuatnya normal kembali, seperti merestart, dan mengembalikan ke setingan default, namun tetap tidak memperbaiki masalah.
Akhirnya jalan terakhir yang pilih yaitu "Hardreset", namun sebelumn hardreset dilakukan, sebaiknya anda mem-backup data terlebih dahulu, seperti contact, messages, dll. Hardreset akan mengembalikan keadaan handphone pada kondisi anda membeli baru, jadi data-data yang pernah anda simpan di phone memory akan terhapus. Dengan melakukan backup data sebelumnya, maka anda dapat mengembalikan data-data anda setelah melakukan hardreset.

Cara melakukan hardreset:
1. Terlebih dahulu lepaskan memory card, dengan cara menekan tombol power dan pilih menu "remove memory card", kemudian lepaskan memory card.
2. Pada posisi menu, tekan tombol call dan ketikkan *#7370*, anda akan ditanya "security code" untuk melewati tahapan ini, defaultnya 12345, jika anda belum merubahnya.
3. Handphone akan restart, dan tunggu beberapa saat, sampai anda disuruh untuk mengisikan data lokasi, tanggal dan jam.
4. Jika proses diatas sudah dilewati, maka handphone akan hidup seperti kondisi baru, dengan contac bar, shortcut bar dan numerik keypad yang berfungsi normal.

Sekarang saatnya untuk merestore data yang sebelumnya sudah anda backup.
Masukkan memory card, dan tunggu beberapa saat sampai handphone dapat mendeteksinya. Kemudian restore semua data terkecuali settings, karena kalau settings direstore, handphone akan kembali bermasalah. Karena proses backup dilakukan pada kondisi handphone bermasalah, oleh sebab itu sebaiknya proses backup dilakukan secara berkala, sehingga akan memudahkan anda jika suatu saat mengalami masalah dikemudian hari.

Selamat mencoba......

2 comments:

  1. gmana klo security codenya udah dirubah dan tidah tahu apa code securitinya\/

    ReplyDelete