Berbagi pengetahuan

welcome

Pengetahuan adalah informasi atau maklumat yang diketahui atau disadari oleh seseorang. Pengetahuan termasuk, tetapi tidak dibatasi pada deskripsi, hipotesis, konsep, teori, prinsip dan prosedur yang secara Probabilitas Bayesian adalah benar atau berguna.

Solusi Blank Putih pada HP Sony Ericsson W850i


Handphone sliding keluaran sony ericsson ini memang tergolong lawas, launched sekitar tahun 2006. Karena umur pake yang sudah lama tersebut kemungkinan kerusakan pasti akan terjadi, dimana Kerusakan yang paling sering terjadi pada handphone ini adalah White Blank (tampilan layar mejadi putih). Nah bagi pemilik handphone ini yang mengalami permasalahan serupa seperti diatas, berikut cerita pengalaman saya dan sedikit tips untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Saat menerima handphone ini, saya kira kondisinya normal-normal saja. Kerusakan baru diketahui ketika saya sedang mengetik sms tiba-tiba layar berubah menjadi putih (white blank), refleks langsung saya lepaskan batrenya kemudian dihidupkan kembali, dan handphone kembali normal seperti sediakala. Namun kejadian tersebut kadang terulang kembali jika saya sedang mengetik sms atau memainkan menu-menunya.

"Hang", itu pertama kali yang muncul di benak saya, namun setelah mencoba beberapa kali pada saat layar sedang blank white, ternyata menu-menunya masih bisa dioperasikan (dengan meraba-raba posisi menu terakhir sebelum blank white, kemudian saya coba mengarahkannya ke menu turn off, dan HP ini pun shutdown tanpa perlu melepaskan batre. Ini artinya handphone masih bisa beroperasi, dan hanya yang kebagian layarnya saja yang bermasalah.

Fleksibel Wire adalah yang pertama kali yang saya tuduh sebagai biang permasalahannya. Kenapa fleksibel wire...?
HP SE W850i ini merupakan handphone sliding, dan memakai fleksibel wire sebagai penghubung motherboard ke layar. Karena seringnya slider di buka tutup, bisa dipastikan fleksibel wire ini cepat atau lambat akan bermasalah.
Saya menemukan fleksibel wire ini disebuah toko sparepart handphone dengan harga kurang lebih 30rb rupiah, isinya 2 buah fleksibel wire. Setelah fleksibel wire yang lama diganti dengan yang baru, hp pun kembali normal, baik saat pengetikan sms atau memainkan menu-menu yang lainnya.
Semoga pengalaman ini bermanfaat bagi rekan-rekan yang mengalami masalah seperti diatas...

0 komentar:

Poskan Komentar